3 Tips Memasak Beras Merah Agar Menjadi Nasi Yang Pulen - BenzAjha

3 Tips Memasak Beras Merah Agar Menjadi Nasi Yang Pulen



Benzajha - 3 Tips Memasak Beras Merah Agar Menjadi Nasi Yang Pulen - Beras merah adalah alternatif yang jauh lebih sehat daripada beras putih. Mungkin Anda sudah sering mendengar premis ini. Menurut artikel yang dilansir iDiva, beras merah mengandung serat lebih tinggi, merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah, kaya vitamin B6, zinc, dan zat besi. Tak cukup sampai di situ, beras merah juga mengandung antioksidan antosianin yang baik untuk kesehatan.

Popularitas beras merah sebagai sumber karbohidrat sehat belakangan ini membuat banyak orang kepincut untuk menjajalnya. Mungkin Anda juga termasuk salah satu di antaranya. Masalahnya, beras merah memiliki tekstur padat dan keras. Tidak seperti beras putih yang jauh lebih pulen dan memiliki rasa manis.

Tapi jangan malas mencoba dulu. Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengolah beras merah menjadi nasi pulen. Berikut ini kami sajikan cara-cara memasak beras merah untuk Anda.

Cara Mencuci Beras Merah



Sebelum mempelajari cara memasak beras merah, kita harus memahami cara mencuci beras merah terlebih dahulu. Seperti beras putih yang biasa kita konsumsi sehari-hari, beras merah juga perlu dicuci hingga bersih sebelum dimasak.

Satu hal yang perlu diingat, beras merah memiliki dedak yang menempel di permukaannya. Dedak inilah yang menjadikan kandungan serat dan gizinya lebih baik daripada beras putih. Proses pencucian yang berlebihan justru akan menghilangkan nutrisinya. Cuci beras merah dengan air bersih, 2 atau 3 kali bilasan saja.

Cara Memasak Beras Merah Menjadi Nasi Pulen



Berikut ini cara memasak beras merah yang bisa Anda coba di rumah.
  1. Rendam beras merah sebelum dimasak, minimal 45 menit. Jika ingin nasi benar-benar lunak, rendam beras merah semalaman.
  2. Masak beras merah bersama air dengan perbandingan 3:1. Maksudnya 3 gelas takar air untuk 1 gelas takar beras. Jangan menambahkan air melebihi takaran tersebut, karena nasi bisa menjadi basah.
  3. Cara memasak beras merah menjadi nasi pulen yang terakhir adalah dengan mencampurnya bersama beras putih. Takarannya sesuai selera Anda. 
Cara Menyajikan Nasi dan Beras Merah



  
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nasi dari beras merah memiliki tekstur agak keras. Selain itu, rasanya pun tidak semanis beras putih. Jika Anda mengolah beras merah tanpa campuran beras putih, mungkin rasanya kurang sesuai selera Anda. Jika ingin nasi terasa lebih gurih, urap dengan sejumput garam sebelum disajikan.

Kreasi Masakan dari Beras Merah



Nasi dari beras merah bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Variasinya sangat kaya, seperti halnya nasi putih yang biasa Anda konsumsi. Berikut ini beberapa di antaranya.
  • Makizushi (sushi gulung)
  • Nasi goreng
  • Bubur
  • Nasi bakar
  • Omelet nasi
  • Arem-arem
  • Schotel nasi merah
  • Zucchini kukus isi nasi
  • Risotto beras merah
  • Mangkuk paprika isi

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel