4 Langkah Yang Sederhana Untuk Mencegah Penyakit Batu Ginjal - BenzAjha

4 Langkah Yang Sederhana Untuk Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Benzajha4 Langkah Yang Sederhana Untuk Mencegah Penyakit Batu Ginjal - Batu ginjal merupakan penyakit yang kini biasa terjadi karena gaya hidup masyarakat zaman sekarang. Batu ginjal pada dasarnya terdiri dari mineral dan garam asam.

Ilustrasi Ginjal @2019.
Gejala dari batu ginjal biasanya akan terlihat pada stadium lanjut. Gejala yang paling menonjol adalah rasa sakit di punggung bawah, air kencing yang berdarah, nyeri saat buang air kecil, nyeri perut yang abnormal, infeksi saluran kencing sering dan muntah.

Terdapat berbagai hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit batu ginjal ini. Dilansir dari Kidney.org, berikut sejumlah langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit batu ginjal.

1. Jangan Banyak Berkeringat

Sauna dan olahraga yang berat mungkin baik untuk kesehatan, tetapi mereka juga dapat menyebabkan batu ginjal. Pasalnya, kehilangan air melalui keringat mengarah pada produksi urine yang kurang. Semakin banyak kamu berkeringat, semakin sedikit kamu buang air kecil sehingga dapat memicu terbentuknya batu ginjal.

2. Minum Banyak Air

Salah satu langkah terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menghindari batu ginjal adalah dengan minum banyak air, sehingga kamu bisa sering buang air kecil. Pastikan untuk tetap terhidrasi, terutama ketika berolahraga atau melakukan kegiatan yang memicu banyak berkeringat.

3. Kurangi Makanan yang Kaya Oksalat

Jika kamu cenderung membentuk batu kalsium oksalat, dokter biasanya akan merekomendasikan kamu untuk membatasi makanan yang kaya oksalat. Makanan kaya oksalat termasuk bit, bayam, lobak, ubi jalar, kacang-kacangan, teh, cokelat dan produk kedelai.

4. Kurangi Makanan Rendah Garam dan Protein Hewani

Mengurangi makanan yang mengandung banyak garam dan protein hewani dapat menurunkan risiko batu ginjal. Dengan memastikan makanan yang kamu konsumsi ini maka risiko batu ginjal yang kamu alami bakal menurun.

Berbagai hal ini bisa kamu kamu lakukan untuk mengurangi risiko penyakit batu ginjal. 

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel